Monday, October 31, 2016

INOVASI PEMBELIAN TIKET TRANSPORTASI

MAKALAH
INOVASI PEMBELIAN TIKET TRANSPORTASI






DISUSUN:
HANA NURBAITI HASANAH
13115012
2KA09



SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016





KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karuniaNya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Inovasi Pembelian Tiket Transportasi” ini dengan lancar. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern oleh dosen Andreas Hadiyono.
Makalah ini ditulis dari hasil penyusunan data sekunder yang di peroleh dari internet dan pendapat dari penulis. Diharapkan makalah ini dapat memberi manfaat bagi pembaca, dan memberikan wawasan yang luas khususnya bagi penulis.
Makalah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu saya mengharapkan kirtik dan saran dari pembaca agar makalah ini dapat perbaikan menuju arah yang lebih baik.

Penyusun,
Oktober 2016


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I        PENDAHULUAN
            1.1. Latar Belakang
            1.2. Rumusan Masalah
BAB II       PEMBAHASAN
            2.1. Inovasi Dalam Pemesanan Tiket
            2.2. Pengaruh Inovasi Dalam Pemesanan Tiket
            2.3. Dampak Baik dan Buruk Dalam Pemesanan Tiket
BAB III      PENUTUP
            3.1. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN


1.1.    Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi dini telah diimplementasi oleh masyarakat dunia, dimana perkembangan teknologi ini mengantarkan semua orang pada dunia yang cepat, mudah, dan efisien.

Tentunya berkembangnya teknologi ini berkat inovasi-inovasi yang dapat memecahkan suatu masalah, baik itu masalah kecil maupun masalah yang besar dan kompleks. Contoh penerapan inovasi perkembangan teknologi yang dirasakan kini adalah pemesanan tiket transportasi.

Perkembangan teknologi dalam pemesanan tiket ini tentunya dapat menguntungkan banyak pihak, umumnya pemesanan tiket ini calon penumpang harus mendatangi tempat keberangkatan (on the spot) atau agen dan juga dapat menghubungi tempat penjualan tiket via Telepon. Namun apabila calon penumpang mengalami kehabisan tiket, maka calon penumpang dapat membeli tiket pada calo.

Dengan seiringnya perkembangan teknologi, inovasi-inovasi pun bermunculan, calon penumpang dapat membeli tiket pada mini market di pinggir jalan atau calon penumpang dapat memesan tiket pada handphone yang dapat mendukung aplikasi pemesanan tiket.

Pemesanan dengan mobile sangat praktis untuk pengguna smartphone, dimana calon penumpang dapat memesan tiket dimanapun, kapanpun, dan dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

1.2.    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka dapat dirumuskan masalah adalah sebagai berikut:
1.      Dari semua cara dalam memesan tiket, manakah yang disebut inovasi?
2.      Apa pengaruh pemesanan tiket ini?
3.      Apa saja dampak baik dan buruk?




BAB II
PEMBAHASAN

Inovasi adalah macam-macam perubahan genus dimana inovasi merupakan sebagai perubahan yang disengaja, baru, dan khusus untuk mencapai tujuan-tujuan sistem. Jadi perubahan ini dikehendaki dan direncanakan. (Muhammad Yunus : 1976)

Inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, pembaharuan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah atau yang sudah dikenal sebelumnya/ gagasan, metode, atau alat. (KBBI : 1989)

Dari definisi Inovasi tersebut dapat kita simpulkan bahwa inovasi merupakan perubahan atas penemuan baru yang berbeda dari sebelumnya berdasarkan perencanaan. Inovasi harus memiliki ciri, yaitu :
1. Khas
    Dalam membuat suatu inovasi, khas merupakan ciri agar tak mudah ditiru.
2. Baru
    Dimana inovasi tersebut harus sesuatu yang baru yang belum pernah ada yang membuatnya.
3. Terencana
    Pembuat harus merencanakan apa yang ingin dibuatnya dan bagaimana cara membuatnya.
4. Memiliki Tujuan
    Inovasi yang telah dibuatnya dapat dimanfaatkan dan berguna bagi semua kalangan baik keperluan pribadi maupun bisnis dalam mempermudah pekerjaan.

Dewasa ini, Inovasi memiliki aspek-aspek dalam perkembangan ilmu, dan ini dirasakan dalam ilmu teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat memungkinkan terjadinya pemenuhan permintaan baik berupa informasi,  jasa, atau barang secara lebih cepat dan tepat. Terlebih lagi perkembangan yang pesat di bidang mobile device, dimana kini perangkat mobile sudah didukug oleh fitur yang canggih. Kondisi ini yang akhirnya dimanfaatkan oleh perusahaan jasa trasportasi untuk memenuhi permasalahan penyajian informasi khususnya dalam ketersediaan tiket. Keberadaan aplikasi pada perangkat mobile mampu mengatasi permasalahan penjualan tiket, dan dengan adanya aplikasi tersebut konsumen dapat melakukan pembelian dimanapun dan kapan saja tanpa terikat dengan waktu.

2.1.    Inovasi Dalam Pemesanan Tiket

Pembelian tiket yang di awali  dengan membeli di tempat kemudian berkembang dengan agen-agen, berkembang lagi dengan memesan via telepon, kemudian apabila pembelian tiket habis di tempat pembelian, calon pembeli dapat membeli di Calo dengan harga tambahan, kemudian seiring dengan perkembangan, muncul mini market yang marak di pinggir jalan, sehingga memudahkan calon pembeli, dan kini telah hadirnya aplikasi pembelian di smartphone calon pembeli. Semua ini merupakan inovasi, dimana semuanya merupakan alur perkembangan dari pembelian tiket on the spot hingga calon pembeli di permudahkan membeli tiket di ponselnya.

2.2.    Pengaruh Inovasi Dalam Pemesanan Tiket
Setiap Inovasi tentunya memiliki pengaruh kepada pemakai inovasi tersebut, baik itu berupa kemudahan, kelancaran, kenyamanan, dan kepercayaan dalam memakai suatu produk/jasa inovasi tersebut. Dalam pemesanan tiket tentunya masyarakat Indonesia yang memiliki budaya ‘pulang kampung’ membutuhkan pemesanan tiket yang efisien. Dengan adanya beberapa cara pembelian tiket tentunya pembeli dapat memilih sesuai kenyamanannya, namun inovasi ini tentunya membuat semua pihak harus bekerjasama dengan satu perusahaan transportasi dan harus menyediakan pelayanan yang baik, dan menghindari satu pihak yang dapat merugikan suatu perusahaan transportasi.

2.3.    Dampak Baik dan Buruk Dalam Pemesanan Tiket

Dalam pembelian tiket khususnya di Indonesia, masyarakat Indonesia memiliki kenyamanan sendiri dalam membeli tiket, baik membeli tiket di jauh-jauh hari maupun membeli tiket pada hari – H nya. Tentunya setiap cara pembelian tiket ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing atau bahkan dapat saling menjadi alternatif apabila suatu tempat pembelian tiket tersebut kehabisan tiket.

1.      Pembelian di Tempat (On The Spot)
Kelebihan :
·         Pembeli dapat menulis langsung data diri tanpa adanya kesalahan
·         Pembeli dapat melakukan transaksi pada saat pembelian tiket hari tersebut
·         Pembeli dapat memastikan keberlangsungannya pembuatan tiket
·         Pembeli dapat memilih tempat duduk yang diinginkan secara langsung
·         Pembeli mendapatkan langsung tiket yang telah di buatkan
Kekurangan :
·         Pembeli harus mendatangi tempat pembelian tiket
·         Pembeli harus mengantri
·         Apabila terjadi kehabisan tiket maka pembeli tak mendapatkan tiket 
2.      Agen
Kelebihan :
·         Sama seperti pembelian di tempat, pembeli dapat menulis langsung data diri
·         Pembeli dapat melakukan transaksi langsung
·         Pembeli mendapatkan tiket secara langsung
Kekurangan :
·         Data pembeli harus dikirim ke kantor pusat transportasi yang dituju
·         Pembeli harus mendatangi agen
·         Apabila agen tutup, maka pembeli tak dapat membeli tiket
·         Apablia terjadi kehabisan tiket maka pembeli tak mendapatkan tiket
3.      Memesan Via Telepon
Kelebihan :
·         Pembeli tak perlu mendatangi kantor / tempat pembelian tiket
·         Lebih praktis, Karena pembeli hanya meneloponnya
·         Pembeli dapat menyebutkan data diri
Kekuangan :
·         Pembeli harus mengambil tiket di kantor yang telah pembeli telepon
·         Terdapatnya kesalahan data karena pembeli hanya menyebutkan data dirinya
·         Pembeli harus menyimak jelas informasi ditelepon
·         Kesulitan dalam mengubungi kantor
4.      Calo
Kelebihan :
·         Apabila pembeli kehabisan tiket dan mendesak, calo telah menyediakannya
·         Langsung mendapatkan tiket pada hari tersebut
Kekurangan :
·         Harga yang ditawarkan calo sangat mahal
·         Kerugian perusahaan transportasi apabila kehilangan pelanggan
5.      Membeli di Mini market
Kelebihan :
·         Sekalian berbelanja kebutuhan, pembeli dapat memesan tiket
·         Pembeli dapat mengisi data diri
·         Pembeli dapat melakukan transaksi di tempat
·         Pembeli mendapatkan tiket langsung
Kekurangan :
·         Pembeli harus mendatangi mini market yang menyediakan penjualan tiket transportasi
·         Pembeli tidak dapat menentukan tempat duduk yang diinginkan
·         Pembeli mendapatkan pajak administrasi
·         Apabila terjadinya kehabisan pemesanan dari pusat, maka pembeli tidak dapat memesan tiket
6.      Unduh Aplikasinya
Kelebihan :
·         Pembeli dapat memesan tiket kapanpun, dimanapun, dan menghemat waktu
·         Pembeli dapat mengisi data dirinya sendiri
·         Pembeli dapat melihat informasi yang update
·         Pembeli dapat melakukan transaksi dengan transfer via bank
·         Pembeli mendapatkan tiket melalui e-mail
Kekurangan :
·         Pembeli harus mengunduh aplikasinya
·         Pembeli harus memiliki smartphone dan di Indonesia sendiri penggunaan smartphone tak merata
·         Apabila suatu website / Aplikasinya terjadi peretasan, maka pembeli dapat mengalami kerugian




BAB III
PENUTUP

3.1.    Kesimpulan
Perkembangan teknologi membuat inovasi semakin bervariasi, banyak cara dan banyak alternatif yang di buat untuk memudahkan pengguna dalam mengakses pemesanan tiket, tentunya semua ini memiliki kelebihan dan kekurangan, dan pengaksesan ini di kembalikan kepada pengguna dengan kenyamanan masing-masing terhadap cara dan pendukungan terhadap pengguna.



DAFTAR PUSTAKA

http://www.kumpulandefinisi.com/2015/07/pengertian-dan-definisi-inovasi-menurut-2.html

http://www.sitimuzdalifah2316.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-manfaat-dan-contoh-dari.html

jbptunikompp-gdl-muhamadgil-35299-5-unikom_mi.pdf


luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

0 comments:

Post a Comment