MAKALAH
INOVASI
PEMBELIAN TIKET TRANSPORTASI
DISUSUN:
HANA
NURBAITI HASANAH
13115012
2KA09
SISTEM
INFORMASI
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2016
KATA
PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan
atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karuniaNya saya dapat menyelesaikan
makalah yang berjudul “Inovasi Pembelian Tiket Transportasi” ini dengan lancar.
Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern oleh dosen Andreas
Hadiyono.
Makalah ini ditulis dari
hasil penyusunan data sekunder yang di peroleh dari internet dan pendapat dari
penulis. Diharapkan makalah ini dapat memberi manfaat bagi pembaca, dan
memberikan wawasan yang luas khususnya bagi penulis.
Makalah ini masih jauh
dari sempurna, untuk itu saya mengharapkan kirtik dan saran dari pembaca agar
makalah ini dapat perbaikan menuju arah yang lebih baik.
Penyusun,
Oktober 2016
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Rumusan Masalah
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Inovasi Dalam Pemesanan Tiket
2.2. Pengaruh Inovasi Dalam Pemesanan Tiket
2.3. Dampak Baik dan Buruk Dalam Pemesanan Tiket
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Perkembangan teknologi informasi dini
telah diimplementasi oleh masyarakat dunia, dimana perkembangan teknologi ini
mengantarkan semua orang pada dunia yang cepat, mudah, dan efisien.
Tentunya berkembangnya teknologi ini
berkat inovasi-inovasi yang dapat memecahkan suatu masalah, baik itu masalah
kecil maupun masalah yang besar dan kompleks. Contoh penerapan inovasi
perkembangan teknologi yang dirasakan kini adalah pemesanan tiket transportasi.
Perkembangan teknologi dalam pemesanan
tiket ini tentunya dapat menguntungkan banyak pihak, umumnya pemesanan tiket
ini calon penumpang harus mendatangi tempat keberangkatan (on the spot) atau agen dan juga dapat menghubungi tempat penjualan
tiket via Telepon. Namun apabila calon penumpang mengalami kehabisan tiket,
maka calon penumpang dapat membeli tiket pada calo.
Dengan seiringnya perkembangan teknologi,
inovasi-inovasi pun bermunculan, calon penumpang dapat membeli tiket pada mini
market di pinggir jalan atau calon penumpang dapat memesan tiket pada handphone yang dapat mendukung aplikasi
pemesanan tiket.
Pemesanan dengan mobile sangat praktis untuk pengguna smartphone, dimana calon penumpang dapat memesan tiket dimanapun,
kapanpun, dan dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya.
1.2. Perumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah
diuraikan, maka dapat dirumuskan masalah adalah sebagai berikut:
1. Dari
semua cara dalam memesan tiket, manakah yang disebut inovasi?
2. Apa
pengaruh pemesanan tiket ini?
3. Apa
saja dampak baik dan buruk?
BAB
II
PEMBAHASAN
Inovasi adalah
macam-macam perubahan genus dimana inovasi merupakan sebagai perubahan yang
disengaja, baru, dan khusus untuk mencapai tujuan-tujuan sistem. Jadi perubahan
ini dikehendaki dan direncanakan. (Muhammad Yunus : 1976)
Inovasi
adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, pembaharuan, penemuan baru
yang berbeda dari yang sudah atau yang sudah dikenal sebelumnya/ gagasan,
metode, atau alat. (KBBI : 1989)
Dari
definisi Inovasi tersebut dapat kita simpulkan bahwa inovasi merupakan
perubahan atas penemuan baru yang berbeda dari sebelumnya berdasarkan perencanaan.
Inovasi harus memiliki ciri, yaitu :
1. Khas
Dalam
membuat suatu inovasi, khas merupakan ciri agar tak mudah ditiru.
2. Baru
Dimana
inovasi tersebut harus sesuatu yang baru yang belum pernah ada yang membuatnya.
3. Terencana
Pembuat
harus merencanakan apa yang ingin dibuatnya dan bagaimana cara membuatnya.
4. Memiliki
Tujuan
Inovasi
yang telah dibuatnya dapat dimanfaatkan dan berguna bagi semua kalangan baik
keperluan pribadi maupun bisnis dalam mempermudah pekerjaan.
Dewasa ini, Inovasi
memiliki aspek-aspek dalam perkembangan ilmu, dan ini dirasakan dalam ilmu
teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat
memungkinkan terjadinya pemenuhan permintaan baik berupa informasi, jasa, atau barang secara lebih cepat dan
tepat. Terlebih lagi perkembangan yang pesat di bidang mobile device, dimana kini perangkat mobile sudah didukug oleh fitur yang canggih. Kondisi ini yang
akhirnya dimanfaatkan oleh perusahaan jasa trasportasi untuk memenuhi
permasalahan penyajian informasi khususnya dalam ketersediaan tiket. Keberadaan
aplikasi pada perangkat mobile mampu
mengatasi permasalahan penjualan tiket, dan dengan adanya aplikasi tersebut
konsumen dapat melakukan pembelian dimanapun dan kapan saja tanpa terikat
dengan waktu.
2.1.
Inovasi Dalam Pemesanan Tiket
Pembelian tiket yang di awali dengan membeli di tempat kemudian berkembang
dengan agen-agen, berkembang lagi dengan memesan via telepon, kemudian apabila
pembelian tiket habis di tempat pembelian, calon pembeli dapat membeli di Calo
dengan harga tambahan, kemudian seiring dengan perkembangan, muncul mini market
yang marak di pinggir jalan, sehingga memudahkan calon pembeli, dan kini telah
hadirnya aplikasi pembelian di smartphone
calon pembeli. Semua ini merupakan inovasi, dimana semuanya merupakan alur
perkembangan dari pembelian tiket on the
spot hingga calon pembeli di permudahkan membeli tiket di ponselnya.
2.2.
Pengaruh Inovasi Dalam Pemesanan Tiket
Setiap Inovasi tentunya memiliki pengaruh
kepada pemakai inovasi tersebut, baik itu berupa kemudahan, kelancaran,
kenyamanan, dan kepercayaan dalam memakai suatu produk/jasa inovasi tersebut.
Dalam pemesanan tiket tentunya masyarakat Indonesia yang memiliki budaya ‘pulang
kampung’ membutuhkan pemesanan tiket yang efisien. Dengan adanya beberapa cara
pembelian tiket tentunya pembeli dapat memilih sesuai kenyamanannya, namun
inovasi ini tentunya membuat semua pihak harus bekerjasama dengan satu
perusahaan transportasi dan harus menyediakan pelayanan yang baik, dan
menghindari satu pihak yang dapat merugikan suatu perusahaan transportasi.
2.3.
Dampak Baik dan Buruk Dalam Pemesanan
Tiket
Dalam pembelian tiket khususnya di
Indonesia, masyarakat Indonesia memiliki kenyamanan sendiri dalam membeli
tiket, baik membeli tiket di jauh-jauh hari maupun membeli tiket pada hari – H nya.
Tentunya setiap cara pembelian tiket ini memiliki kelebihan dan kekurangan
masing-masing atau bahkan dapat saling menjadi alternatif apabila suatu tempat
pembelian tiket tersebut kehabisan tiket.
1. Pembelian
di Tempat (On The Spot)
Kelebihan :
·
Pembeli dapat menulis langsung data diri
tanpa adanya kesalahan
·
Pembeli dapat melakukan transaksi pada saat
pembelian tiket hari tersebut
·
Pembeli dapat memastikan keberlangsungannya
pembuatan tiket
·
Pembeli dapat memilih tempat duduk yang
diinginkan secara langsung
·
Pembeli mendapatkan langsung tiket yang
telah di buatkan
Kekurangan
:
·
Pembeli harus mendatangi tempat pembelian
tiket
·
Pembeli harus mengantri
·
Apabila terjadi kehabisan tiket maka
pembeli tak mendapatkan tiket
2. Agen
Kelebihan :
·
Sama seperti pembelian di tempat, pembeli
dapat menulis langsung data diri
·
Pembeli dapat melakukan transaksi langsung
·
Pembeli mendapatkan tiket secara langsung
Kekurangan :
·
Data pembeli harus dikirim ke kantor pusat
transportasi yang dituju
·
Pembeli harus mendatangi agen
·
Apabila agen tutup, maka pembeli tak dapat
membeli tiket
·
Apablia terjadi kehabisan tiket maka
pembeli tak mendapatkan tiket
3. Memesan
Via Telepon
Kelebihan :
·
Pembeli tak perlu mendatangi kantor /
tempat pembelian tiket
·
Lebih praktis, Karena pembeli hanya
meneloponnya
·
Pembeli dapat menyebutkan data diri
Kekuangan :
·
Pembeli harus mengambil tiket di kantor
yang telah pembeli telepon
·
Terdapatnya kesalahan data karena pembeli
hanya menyebutkan data dirinya
·
Pembeli harus menyimak jelas informasi
ditelepon
·
Kesulitan dalam mengubungi kantor
4. Calo
Kelebihan :
·
Apabila pembeli kehabisan tiket dan
mendesak, calo telah menyediakannya
·
Langsung mendapatkan tiket pada hari
tersebut
Kekurangan :
·
Harga yang ditawarkan calo sangat mahal
·
Kerugian perusahaan transportasi apabila
kehilangan pelanggan
5. Membeli
di Mini market
Kelebihan :
·
Sekalian berbelanja kebutuhan, pembeli
dapat memesan tiket
·
Pembeli dapat mengisi data diri
·
Pembeli dapat melakukan transaksi di
tempat
·
Pembeli mendapatkan tiket langsung
Kekurangan :
·
Pembeli harus mendatangi mini market yang menyediakan penjualan
tiket transportasi
·
Pembeli tidak dapat menentukan tempat
duduk yang diinginkan
·
Pembeli mendapatkan pajak administrasi
·
Apabila terjadinya kehabisan pemesanan
dari pusat, maka pembeli tidak dapat memesan tiket
6. Unduh
Aplikasinya
Kelebihan :
·
Pembeli dapat memesan tiket kapanpun,
dimanapun, dan menghemat waktu
·
Pembeli dapat mengisi data dirinya sendiri
·
Pembeli dapat melihat informasi yang
update
·
Pembeli dapat melakukan transaksi dengan
transfer via bank
·
Pembeli mendapatkan tiket melalui e-mail
Kekurangan :
·
Pembeli harus mengunduh aplikasinya
·
Pembeli harus memiliki smartphone dan di Indonesia sendiri
penggunaan smartphone tak merata
·
Apabila suatu website / Aplikasinya terjadi peretasan, maka pembeli dapat
mengalami kerugian
BAB
III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Perkembangan teknologi membuat inovasi
semakin bervariasi, banyak cara dan banyak alternatif yang di buat untuk
memudahkan pengguna dalam mengakses pemesanan tiket, tentunya semua ini
memiliki kelebihan dan kekurangan, dan pengaksesan ini di kembalikan kepada
pengguna dengan kenyamanan masing-masing terhadap cara dan pendukungan terhadap
pengguna.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.kumpulandefinisi.com/2015/07/pengertian-dan-definisi-inovasi-menurut-2.html
http://www.sitimuzdalifah2316.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-manfaat-dan-contoh-dari.html
jbptunikompp-gdl-muhamadgil-35299-5-unikom_mi.pdf
0 comments:
Post a Comment